Perbekel, Ketua BPD, dan Sekretaris Desa Angseri Hadiri Rakor Evaluasi APBDes di Baturiti
Rabu (03/12/2025)
Angseri, Baturiti, 03 Desember 2025 - Perbekel (Kepala Desa), Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan Sekretaris Desa (Sekdes) Angseri, turut serta dalam Rapat Koordinasi (Rakor) penting yang diselenggarakan oleh Camat Baturiti pada hari ini, Rabu, 03 Desember 2025.
Rakor ini fokus pada dua agenda utama, yaitu Evaluasi Kegiatan APBDes Tahun Anggaran (TA) 2025 dan Persiapan Evaluasi APBDes Tahun Anggaran (TA) 2026. Kegiatan ini berlangsung di ruang Rapat Kantor Camat Baturiti dan dihadiri oleh seluruh komponen pemerintahan desa se-Kecamatan Baturiti.
Tujuan dan Peserta Rakor
Camat Baturiti membuka Rakor dengan menekankan pentingnya akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan anggaran desa.
"Evaluasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap program dan kegiatan yang telah direncanakan dan dilaksanakan pada APBDes 2025 berjalan sesuai dengan peraturan dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat," ujar Camat Baturiti.
Rakor ini melibatkan:
-
Seluruh Perbekel se-Kecamatan Baturiti
-
Seluruh Ketua BPD se-Kecamatan Baturiti
-
Seluruh Sekretaris Desa (Sekdes) se-Kecamatan Baturiti
-
Pendamping Desa (PD)
-
Pendamping Lokal Desa (PLD)
Evaluasi APBDes 2025
Dalam sesi evaluasi, tim dari Kecamatan Baturiti bersama Pendamping Desa meninjau kembali laporan pertanggungjawaban serta realisasi fisik dan keuangan dari program-program desa yang didanai melalui APBDes TA 2025.
Fokus utama dalam evaluasi ini meliputi:
-
Tingkat penyerapan anggaran.
-
Kesesuaian pelaksanaan kegiatan dengan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes).
-
Kendala dan tantangan yang dihadapi di lapangan.
Hasil evaluasi ini menjadi dasar bagi desa untuk melakukan perbaikan dan penyesuaian strategi di tahun anggaran berikutnya.
Persiapan Evaluasi APBDes 2026
Sesi selanjutnya membahas langkah-langkah persiapan menjelang pelaksanaan Evaluasi APBDes TA 2026. Persiapan ini krusial untuk memastikan bahwa rancangan anggaran dan kegiatan tahun depan sudah matang, berkesinambungan, dan terhindar dari potensi masalah di kemudian hari.
Point penting yang dibahas :
-
Penyelarasan program desa dengan program pemerintah kabupaten.
-
Penguatan peran BPD dalam pengawasan perencanaan dan pelaksanaan anggaran.
-
Peningkatan kualitas data dan pelaporan.
Camat Baturiti, menggarisbawahi komitmen BPD untuk lebih aktif dalam fungsi pengawasan demi terwujudnya tata kelola desa yang baik (Good Village Governance).
Penutup
Rakor ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara pemerintah desa, BPD, dan pemerintah kecamatan dalam rangka mewujudkan pembangunan desa yang efektif, efisien, dan berkelanjutan. Dengan adanya evaluasi berkala, diharapkan pengelolaan Dana Desa di Kecamatan Baturiti, khususnya Desa Angseri, dapat berjalan optimal untuk kemakmuran seluruh warga.
Humas Pemerintah Desa Angseri
Kontak: pemdesangseri@gmail.com
(Foto/Video: Dok. Humas Desa Angseri)
Komentar baru terbit setelah disetujui Admin