Panduan Layanan Mandiri Desa

Layanan Mandiri Desa Angseri
Desa Angseri menyediakan Layanan Mandiri yang dapat diakses secara digital melalui website resmi desa. Layanan ini bertujuan untuk mempermudah warga dalam mengurus surat-surat administrasi dan mendapatkan informasi desa tanpa harus datang langsung ke kantor desa.
Layanan Mandiri merupakan halaman yang memungkinkan warga untuk mengakses data mereka sendiri (seperti biodata dan kartu keluarga),membuat permohonan surat dan mengecek bantuan yg sedang diterma oleh pengguna.
Untuk menggunakan Layanan Mandiri ini diperlukan NIK dan PIN yang nantinya digunakan untuk masuk ke layanan mandiri tersebut. Untuk mendapatkan NIK dan PIN bisa langsung menghubungi Operator Desa atau datang langsung ke Kantor Desa.
Persiapan dan Cara Mengakses Layanan
Siapkan Berkas Persyaratan Pendaftaran Akun Layanan Mandiri yaitu :
- Kartu Keluarga
- KTP Elektronik
- Nomor HP Aktif
Jika semua berkas sudah di siapkan, silahkan datang ke Kantor Desa Angseri untuk pendaftaran Akun.
Untuk Informasi, silahkan hubungi Operator Desa, melalui Chat 081338472662 Admin Desa 081339911722
Cara Mengakses Layanan
-
Dapatkan PIN Akses: Sebelum bisa menggunakan layanan, Anda harus memiliki Kode PIN. Kode ini hanya bisa Anda dapatkan dengan menghubungi atau datang langsung ke operator desa. Anda akan diminta untuk memberikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai verifikasi.
-
Buka Website Layanan Mandiri: Setelah mendapatkan PIN, buka website resmi Desa Angseri di alamat https://angseri.desa.id
-
Login: Pada halaman utama, cari dan klik tombol "Login Layanan Mandiri". Anda akan diarahkan ke halaman login. Masukkan NIK dan Kode PIN yang sudah Anda dapatkan, lalu klik "Masuk".
Daftar Menu Pada Halaman Layanan Mandiri
Profil
Profil seperti terlihat di gambar diatas warga dapat melihat biodata.
Produk
Untuk Produk warga dapat melihat Lapak Desa
Cetak Biodata
Untuk Cetak Biodata warga dapat mencatak Biodata
Cetak Salinan KK
Untuk Cetak Salinan KK warga dapat mencatak Salinan KK
Dokumen
Untuk Dokumen Warga dapat mengisi dengan Upload Dokumen sendri seperti, KTP, KK, dll
Bantuan
Pada Menu ini, menampilkan program bantuan yang diterima oleh warga.
Ganti PIN
Untuk Warga bisa mengganti PIN setelah mendapatkan PIN dari Desa
Keluar
Untuk Warga dapat keluar dari aplikasi Layanan Mandiri.
PERMOHONAN SURAT
Berikut ini adalah panduan untuk permohonan surat keterangan atau pengantar yang bisa dilakukan dengan Gadget ataupun Dekstop anda.
1. Pilihlah jenis surat keterangan atau pengantar sesuai yang anda butuhkan pada kolom jenis surat yang di mohon, tuliskan keterangan tambahan sebagai keterangan untuk Admin dalam pengisian surat, tulislah nomor HP yang bisa di hubungi jika nanti ada keterangan atau kekurangan berkas, dan untuk konfirmasi ketika Permohonan surat sudah jadi agar dapat di hubungi oleh Admin.
2. Ketika jenis layanan surat yang di butuhkan sudah di pilih maka secara otomatis dokumen/kelengkapan penduduk yang dibutuhkan akan terisi seperti dibawah ini.
3. Langkah terakhir isikan keperluan anda di kolom keperluan sesuai dengan kebutuhan kemudian klik KIRIM.
Selanjutnya operator Desa akan memproses Permohonan Surat anda (berdasarkan jam pelayanan kantor), anda akan menerima notifikasi bahwa surat yang anda mohon sedang diproses, dan jika surat tersebut sudah dicetak, anda menerima notifikasi "surat anda sedang menunggu Tandatangan Kepala Desa" Jika surat telah ditanda tangani Kades, anda akan menerima notifikasi " Surat Siap Diambil" atau menerima chat WA dari operator desa dengan nomor WA Operator Desa 081338472662 Admin Desa 081339911722
STATUS PERMOHONAN SURAT DAN ARSIP SURAT
Pada Menu ini, Warga dapat melihat Status Permohonan Surat yang diajukan. Warga juga dapat melihat Arsip Surat yang pernah dibuat.
Komentar baru terbit setelah disetujui Admin